SEKILAS INFO

     » Selamat Datang di Website Kecamatan Mejayan Kabupaten Madiun
Visi dan Misi
Diposting tanggal: 31 Mei 2010

 

KANTOR KECAMATAN MEJAYAN KAB. MADIUN

LAMPIRAN RENSTRA 2013-2018

 

A. Rencana Strategis

Perencanaan Strategis adalah merupakan suatu proses yang berorientasi pada hasil yang ingin dicapai selama kurun waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun dengan mempertimbangkan potensi, peluang dan kendala yang mungkin timbul. Rencana Strategis mengandung Visi, Misi, Tujuan, Sasaran dan Program yang realistis dan  rencana  masa depan yang diinginkan dan dicapai.

 

  1. Visi

Visi merupakan pandangan jauh ke depan, kemana dan bagaimana Kantor Kecamatan Mejayan harus dibawa dan berkarya agar konsisten dan dapat eksis, antisipatif, inovatif serta produktif.

Visi adalah suatu gambaran yang menantang tentang keadaan masa depan, berisikan cita dan citra yang ingin diwujudkan dan dibangun melalui proses refleksi dan proyeksi yang digali dari nilai-nilai luhur yang dianut seluruh komponen stakeholder.

Pernyataan Visi Kecamatan Mejayan sebagai berikut :

 

Terdepan dalam melayani masyarakat”        

Makna dari visi tersebut dikandung pengertian bahwa Kecamatan Mejayan mempunyai suatu cita-cita dalam segala aspek pelayanan baik pelayanan pemerintahan, pembangunan maupun pembinaan kemasyarakatan selalu ingin menjadi yang terbaik. Terbaik dari sudut pandang yuridis, prosedur maupun publik. Hal ini juga dapat berarti sangat terbuka adanya inovasi dan kreasi sejalan dengan dinamika lingkungan dan masyarakat.

 

  1. Misi

Misi adalah rumusan umum mengenai upaya-upaya yang akan dilaksanakan untuk mewujudkan visi yang telah ditetapkan agar tujuan organisasi dapat tercapai dan berhasil dengan baik.

Misi berfungsi sebagai pemersatu gerak, langkah, dan tindakan nyata bagi segenap komponen penyelenggara pemerintah tanpa mengabaikan mandat yang diberikan.

 

Untuk mewujudkan visi sebagaimana diuraikan diatas, maka misi Kantor Kecamatan Mejayan adalah :

 

1. Memberikan pelayanan secara akurat, cepat, tepat, aman, mudah dan terbuka

  1. Akurat; data yang digunakan dalam memberikan pelayanan adalah data yang terkini (tidak kedaluwarsa), rasional dan realistis.
  2. Cepat; selalu diupayakan dengan waktu yang sesingkat mungkin.
  3. Tepat; pelayanan selalu diarahkan pada kesesuaian dengan kebutuhan stakeholder.
  4. Aman; pelayanan yang diberikan dapat dipertanggungjawabkan.
  5. Mudah; proses pelayanan melalui prosedur yang sederhana.
  6. Terbuka; dapat diakses oleh publik.

 

2. Meningkatkan kapasitas pemberdayaan masyarakat

Meningkatkan kapasitas pemberdayaan masyarakat adalah segala daya upaya dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

  1. Tujuan dan Sasaran

Tujuan adalah penjabaran / implementasi dari pernyataan Misi yang berisi tentang sesuatu (apa) yang akan dicapai atau dihasilkan pada jangka waktu 1 (satu) sampai 5 (lima) tahun. Untuk dapat menjabarkan Misi Kantor Kecamatan Mejayan, maka misi yang telah ditetapkan diarahkan pada tujuan :

  1. Terwujudnya pelayanan sesuai dengan tuntutan stakeholder.
  2. Terwujudnya pengkoordinasian, pengendalian, monitoring dan evaluasi penyelenggraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan di wilayah Kecamatan Mejayan.
  3. Optimalisasi fungsi Kantor Kecamatan Mejayan.

Adapun Sasaran adalah penjabaran dari tujuan secara terukur yaitu sesuatu yang akan dicapai / dihasilkan secara nyata oleh Kantor Kecamatan Mejayan. Tujuan diatas diharapkan dapat dicapai melalui penjabaran dalam sasaran yang ditetapkan sebagai berikut :

 

  1. Peningkatan Pelayanan Administrasi Perkantoran dan Administrasi Masyarakat.
  2. Peningkatan Koordinasi Pemerintah Kecamatan dengan Desa / Kelurahan dan tersedianya data yang akurat.
  3. Peningkatan Kualitas Sarana dan Prasarana Aparatur.
  4. Peningkatan Perencanaan Pembangunan yang efektif dan akuntabel serta Program Pemberdayaan Masyarakat yang tepat sasaran.
  5. Peningkatan Kualitas Kinerja Pemerintah Kecamatan.
  1. Cara Pencapaian Tujuan dan Sasaran

Untuk mencapai Tujuan dan Sasaran sebagaimana tersebut diatas, maka diperlukan Strategi yang merupakan rencana menyeluruh dan terpadu mengenai upaya-upaya organisasi yang meliputi penetapan kebijakan dan program operasional dengan memperhatikan sumber daya organisasi dan lingkungan yang di hadapi.

 

Kebijakan pada dasarnya adalah ketentuan – ketentuan yang telah disepakati oleh pihak – pihak terkait dan ditetapkan oleh yang berkewenangan untuk dijadikan pedoman, pegangan atau petunjuk bagi setiap usaha dan kegiatan aparatur pemerintah ataupun masyarakat agar tercapai kelancaran dan keterpaduan dalam upaya mencapai sasaran, tujuan, misi dan visi  organisasi. Kebijakan tersebut antara lain :

 

  1. Rencana Strategis Kabupaten Madiun tahun 2013 – 2018.
  2. Program Prioritas Kabupaten Madiun yang meliputi bidang pertanian, pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, keamanan, dan lingkungan hidup.
  3. Peningkatan peran serta masyarakat selaku subyek dan obyek pembangunan.
  4. Peningkatan profesionalisme kinerja aparatur secara sistematik dan berkesinambungan.
  5. Menumbuhkembangkan semangat gotong royong masyarakat sebagai kekuatan inti pemberdayaan masyarakat.

 

Program merupakan kumpulan kegiatan – kegiatan yang nyata, sistemastis dan terpadu, yang dilaksanakan oleh satu atau beberapa instansi pemerintah, maupun dalam rangka kerjasama dengan masyarakat, atau yang merupakan partisipasi aktif masyarakat, guna mencapai sasaran dan tujuan yang telah ditetapkan. Program merupakan rencana tindak (action play ) yang terdiri dari kegiatan – kegiatan spesifik yang harus dilaksanakan untuk mencapai masing – masing sasaran.

 

Sesuai dengan rencana strategis Kecamatan Mejayan, program yang dilaksanakan pada tahun anggaran 2014 adalah :

 

  1. Program Pelayanan Administrasi Perkantoran.
  2. Program Peningkatan Sarana dan Prasarana Aparatur.
  3. Program Peningkatan Disiplin Aparatur.
  4. Program Peningkatan Pengembangan Sistem Pelaporan Capaian Kinerja dan Keuangan.
  5. Program Peningkatan Keberdayaan Masyarakat Pedesaan.
  6. Program Peningkatan Peran Perempuan di Pedesaan.
  7. Program Peningkatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Desa.